Thursday 16 February 2017

MANFAAT INDUSTRI KREATIF YANG MENGGUNAKAN SATELIT




Industri kreatif merupakan sebuah aktifitas ekonomi yang berhubungan dengan menciptakan atau menggunakan pengetahuan informasi industri. Industri kreatif ini dihasilkan melalui pemanfaatan dari keterampilan yang dimiliki setiap orang untuk bisa menciptakan kesejahteraan dan lapangan pekerjaan didaerahnya.

Industri kreatif dapat meningkatkan perekonomian suatu negara. Sehingga sampai saat ini banyak sektor industri yang lahir dari kreatifitas dan inovasi setiap orang. Diantaranya, sektor arsitektur,periklanan,pasar barang seni,kerajinan,design,fashion,video,film dan sektor forographi. Selain itu,ada sektor industri yang berbasis teknologi industri salah satunya  sektor industri pertelevisian yang menggunakan atau memanfaatkan media satelit.

Industri pertelevisian yang menggunakan satelit pertama yaitu tv berbayar atau berlangganan. Indovision yang mengaku menjadi televisi berbayar pertama yang menggunakan satelit dan mengaplikasikan siaran langsung atau Direct Broadcast Satelit (DBS) . Pada awalnya televisi yang dikelola oleh PT MNC Sky vision ini menggunakan satelit Palapa 2 sejak berdirinya pada bulan Agustus 1988 dan masih menggunakan transponder C-Band. Kemudian sembilan tahun kemudian tepatnya pada tahun (1997), indovision mulai meluncurkan satelit barunya yakni indostar 1 atau cakrawarta yang dikelola oleh PT Media Citra Indostar dan masih digunakan sampai sekarang.

Seiring berjalannya waktu industri pertelevisian berbayar/berlangganan di indonesia yang menggunakan atau memanfaatkan satelit menjadi semakin banyak. Ini dikarenakan kemudahan dan keuntungan yang didapat ketika menggunakan tv berlangganan yang menggunakan satelit. Contohnya,biaya pembayaran yang lebih murah, lebih banyak pilihan chanel dan tanpa iklan. Di indonesia tersendiri ada banyak merek tv berlangganan yang menggunakan satelit, diantaranya Indovision dan Top Tv yang dikelola oleh PT MNC Sky Vision, Oke vision yang dikelola oleh PT Nusantara dan Big Tv yang dikelola oleh PT Indonesia Media Televisi.

Selain perkembangan industri kreatif dalam sektor televisi diatas, dari dulu sudah hadir perusahaan BUMN yang bernama PT Telekomunikasi Indonesia tbk (Telkom Indonesia) yang memiliki satelit tersendiri. Telkom adalah perusahaan satu-satunya di indonesia yang memberikan layanan telekomunikasi dan jaringan untuk seluruh wilayah indonesia bahkan mencapai asia tenggara.

Sebelumnya telkom meluncurkan banyak satelit yang telah jelajah angkasa diantaranya satelit telkom1 dan telkom2. Satelit telkom1 diluncurkan pada tahun 1999 kemudian pada tahun 2005 telkom juga kembali meluncurkan satelitnya yang bernama telkom2 dan merupakan satelit satu-satunya milik telkom yang masih beroprasi. Tentunya satelit-satelit ini mempunyai fungsinya masing masing seperti telkom2, masyarakat dipermudahkan dengan layanan sambungan langsung jarak jauh dan sambungan langsung internasional. Kemudian hingga akhirnya pada awal tahun 2017 tepatnya tanggal 14 Februari telkom kembali meluncurkan satelit generasi ke 3 nya yang diberinama Telkom 3s. Satelit generasi ini berhasil diluncurkan di Guiana Space Center, Kourou, Guyana Prancis. Selain dirancang untuk melayani komunikasi seluler dan broadband internet,satelit generasi ke3 ini juga akan melayani siaran High Devinition Television (HDTV).

Gambar peluncuran satelit telkom 3s. Sumber (tribunnews.com)

Tentunya satelit terbaru ini mempunyai keunggulan dari satelit-satelit sebelumnya, satelit ini mempunyai 42 Transponder yang terdiri dari 24 Transponder C-Band,8 Transponder Extended C-Band dan 10 Transponder Ku-Band. Nah Transponder Ku-Band inilah yang memiliki keunggulan dalam pelayanan HDTV karena memiliki throughput yang lebih tinggi dengan bit rate lebih tinggi hingga menghasilkan komunikasi yang lebih baik. Ini cocok untuk wilayah indonesia yang memiliki gugusan pulau-pulau yang terpisah sehingga proses informasi dan komunikasi dapat diakses dengan secara lebih cepat.

teknologi digital di indonesia seakan menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang, semua seakan tidak terlepas dari yang namanya teknologi digital. Proses informasi dan komunikasi yang baik akan sangat dibutuhkan oleh masyarakat indonesia maka dari itu dengan hadirnya satelit Telkom 3s yang melakukan jelajah angkasa ini akan sangat memudahkan masyarakat indonesia dalam mengakses informasi dan komunikasi, ini juga dikarenakan wilayah indonesia yang terdiri dari pulau-pulau yang secara logika akan sulit untuk berkomunikasi dan mendapatkan informasi. Tetapi dengan hadirnya industri kreatif yang menggunakan satelit ini semuanya dapat diatasi karena satelit bisa menjangkau sampai pulau terluar indonesia.

Berikut merupakan salah satu contoh manfaat industri kreatif yang menggunakan satelit bagi masyarakat.

1. Manfaat Bagi Nelayan
Manfaat satelit memang bisa dirasakan banyak kalangan tidak terkecuali nelayan, Nelayan bisa mencari ikan dengan tanpa tau posisi perairan yang berpotensi ikan. Ini dikarenakan terdapatnya peta prakiraan daerah penangkapan ikan (PPDPI) Selain itu seorang nelayan pun dapat mengetahui keberadaan kapal dengan teknologi Global Positioning System (GPS).

Ilustrasi cara kerja GPS. Sumber (bppp-tegal.com)

2. Manfaat Bagi Petani
Tidak hanya manfaat dalam komunikasi, satelit juga bisa memberikn prakiraan cuca,iklim,fasa panen padi dan yang lainnya. Sehingga para petani semakin mudah mengolah kebun-kebun miliknya.
Gambar prakiraan cuaca. sumber (ulidblog.com)

Tentunya bangsa indonesia sangat bangga akan hadirnya satelit-satelit yang mampu meningkatkan kemajuana masyarakatnya, terutama dengan adanya satelit terbaru dari telkom.Karena satelit ini tidak hanya mencakup wilayah indonesia saja tetapi juga mencakup wilayah Asia Tenggara. Maka dari itu sangatlah penting keberadaan sebuah satelit untuk mencapainya sebuah bangsa yang maju.

0 comments:

Post a Comment