Thursday 16 February 2017

Asik Dengan Aplikasi Langit Musik

Bicara mengenai musik memang tidak pernah ada habis-habisnya,seperti yang dilansir wikipedia.org musik merupakan suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama,lagu,dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama. Walaupun musik adalah sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni.
Indonesia merupakan negara yang kaya akan budayanya, selain itu indonesia juga merupakan negara yang mempunyai genre musik yang cukup banyak dan bisa dibilang setiap daerah mempunyai genre musiknya masing-masing seperti genre Pop,Rock,Reggae,Jazz,Campursari,Hip hop,Keroncong,dan dangdut.

mendengarkan musik adalah sebuah hiburan dan sebagai sarana untuk menghilangkan kebosanan dikala sunyi menghantui,lantunan musik-musik yang mempunyai irama tersendiri akan meningkatkan mood seseorang. Jika dulu menikmati dan mendengarkan musik hanya dengan radio dan laptop,sekarang dengan seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi sudah terdapat banyak aplikasi pemutar musik online atau Streaming Musik yang dapat di unduh melalui platform android sehingga kita bisa mendengarkan musik dimanapun berada melalui aplikasi ini.
Saya merupakan orang yang paling malas untuk download musik,karena untuk mendengarkan sebuah musik yang kita mau masa harus download dulu kan lama,dan semenjak adanya aplikasi streaming musik mendengarkan genre musik apapun yang kita mau tinggal di search saja praktis.
Salah satu aplikasi streaming musik yang terdapat di playstore yaitu Langit Musik.Aplikasi musik Telkomsel yang bekerja sama dengan PT Melon Indonesia ini memberikan kemudahan untuk para penggunanya melalui beberapa fitur keunggulan yang dimilikinya selain itu aplikasi Langit Musik juga memiliki tampilan yang lebih bagus. Fitur apa dan bagaimana review dari aplikasi Langit Musik?

Logo Aplikasi Langit Musik

1. Tampilan keseluruhan
Dilihat dari tampilan keseluruhan aplikasi ini mempunyai tampilan yang cukup bagus, background dengan warna yang tidak terlalu cerah,pemilihan warna tulisan sangat sesuai dengan background yang digunakan. Ini akan memberikan kenyamanan bagi penggunanya ketika membuka aplikasi ini. Namun alangkah lebih baik jika ukuran size tulisannya diperbesar sehingga membacanya lebih nyaman.

Gambar tampilan keseluruhan

2. Lirik lagu
Aplikasi Langit Musik akan otomatis memberikan lirik lagu yang sedang diputar oleh penggunanya,ini tentunya memudahkan pengguna yang ingin mendengarkan sambil bernyanyi. Selain itu musik yang diputar pun bisa di ulang berdasarkan lirik yang tampil di layar hp pengguna,apalagi jika ditambahkan fitur karaoke/recorder untuk pengguna dapat bernyanyi dan merekamnya sehingga membuat lebih menarik.

Terdapatnya Fitur Lirik Lagu

3. menu bar
Di menu bar ini tidak tidak terlalu banyak menu hanya 5 menu tapi semuanya memenuhi kebutuhan penggunanya,tampilannya pun lumayan bagus dan rapih.

Gambar Tampilan Menu Bar

4. Fitur Search
Di fitur ini kita bisa mencari lagu yang kita mau dan ketika kita menuliskan musik yang di cari, aplikasi Langit Musik akan otomatis mengeluarkan musik berdasarkan kategori yang dicari. Namun tidak semua musik dapat dicari Contohnya lagu- lagu daerah hanya terdapat beberapa saja, akan lebih baik jika terdapat semua jenis lagu karena pengguna aplikasi langit musik ini mencakup banyak kalangan dari orang pedesaan yang mungkin menyukai musik-musik daerahnya sampai orang kota yang tentu menyukai musik-musik lebih modern.

Gambar Tampilan Fitur Search

5. Fitur Exploler
Melalui fitur exploler pendengar yang ingin mencari musik tetapi mungkin tidak mengetahui apa judul dari lagu itu akan sangat dimudahkan,karena di fitur ini pendengar hanya perlu tau kategori atau situasi seperti apa yang sedang dirasakan. Fitur ini sudah memberikan rekomendasi beberapa lagu yang cocok berdasarkan apa yang sedang dirasakan oleh penggunanya. Seperti sedang merasakan Kasmaran, sedang bersedih atau bersemangat.

Gambar Tampilan Exploler

6. Fitur Trending
Di di fitur trending ini kita dapat mengetahui musik apa saja yang sedang hits atau banyak didengarkan oleh orang di indonesia. Tidak hanya itu dengan fitur trending ini kita dapat mengetahui musik apa saja yang sedang trend disuatu wilayah di indonesia dan caranya pun sangat mudah kita tinggal tap di titik wilayah atau memilih berdasarkan provinsi yang mau di ketahui trending musiknya. Ini sangat memudahkan kita untuk mencari musik yang trend di indonesia.

Gambar Tampilan Fitur Trending

Gambar Tampilan Fitur Trending di Suatu Wilayah

6. Fitur #TagStation
#TagStation berisikan playlist ditawarkan kepada penggunanya dan merupakan lagu terbaik dari langit musik. Untuk fitur ini tidak banyak orang yang mengerti tentang kegunaan ditur #tagStation jadi akan lebih baik jika ditambahkan informasi seputar menu-menu itu.

Gambar Tampilan Fitur #Tagstation

7. Fitur My Music
Fitur ini memudahkan bagi kita yang ingin memutar ulang atau melihat kembali lagu yang baru-baru ini di putar. Di fitur ini juga terdapat 3 menu yaitu Music,album,dan playlist yang kita buat.

Gambar Tampilan Fitur My Music

8. Fitur Notification
Fitur ini memberikan informasi mengenali update an lagu terbaru,berbagi playlist dengan teman dan promosi mengenai penyanyi-penyanyi favorit. Kita bisa gunakan setelah menghubungkannya ke media sosial seperti facebook atau twitter.

9.Menu Setting
Dimenu setting kita dapat mengganti atau merubah beberapa pengaturan contohnya mengganti bahasa,equalizer dan notification. Ini sangat bagus karena bisa disetting ketika keadaan offline.


Nah itu beberapa fitur dan review dari aplikasi Langit Musik banyak sekali keunggulan dari aplikasi ini, tapi tentunya tidak ada yang sempurna semuanya pasti ada kekurangan. Berdasarkan ulasan yang saya tuliskan diatas ada beberapa yang menurut saya perlu ditambahkan atau ditingkatkan guna tercapainya aplikasi streaming musik yang sangat enak didengar dan dilihat,Diantaranya  :


  • Tidak terdapatnya fitur karaoke/recorder di aplikasi tersebut, Menurut saya alangkah lebih baiknya jika aplikasi ini terdapat fitur tersebut sehingga pengguna selain mendengarkan juga bisa ikut bernyanyi bersama dan di rekam.
  • Yang kedua tidak adanya informasi mengenai menu-menu yang ada di aplikasi,pengguna aplikasi ini mencakup semua orang dari anak kecil, remaja, bahkan orang tua. Banyak yang kurang mengetahui fungsi menu-menu tersebut jadi sebaiknya ditambah dengan informasi supaya lebih baik.
  • Yang terakhir untuk bagian tulisan,menurut saya size tulisan yang diberikan sangatlah kecil dan akan lebih bagus jika menggunakan size yang sedikit lebih besar.
Terlepas dari itu semua,aplikasi Langit Musik merupakan aplikasi yang bagus untuk digunakan karena memiliki fitur-fitur yang saya sebutkan diatas.


Postingan blog ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Review Aplikasi Langit Musik kerjasama Langit Musik dan Warung Blogger


0 comments:

Post a Comment